Cara Mengatasi Komputer Yang Terlalu Lemot

Cara Mengatasi Komputer Yang Terlalu Lemot - Pernahkah anda mengalami komputer anda berjalan lambat atau malah sangat lambat, ataukah ketika ini komputer anda sedang mengalaminya? Saya coba tebak niscaya ketika ini komputer anda sangat lambat terbukti anda hingga halaman ini niscaya mencari solusi ihwal bagaimana mengatasi komputer yang lemot hehehehe.....  Baiklah kali ini aku akan share ihwal penyebab penyebab komputer lemot dan cara mengatasinya semoga kinerja komputer anda berjalan lebih cepat. Berikut yakni langkah-langkah bagi pengguna Microsoft Windows yang sanggup membantu mempercepat komputer atau memilih mengapa komputer berjalan lambat.

 Cara Mengatasi Komputer Yang Terlalu Lemot  Cara Mengatasi Komputer Yang Terlalu Lemot

Reboot Komputer
Jika komputer Anda belum reboot baru-baru ini, pastikan untuk reboot sebelum mengikuti salah satu langkah di bawah ini. Baca juga mengatasi komputer tidak mau booting.

Background program
Salah satu alasan yang paling umum terjadi bila komputer lambat atau lemot yakni jadwal yang berjalan di background. Hapus atau menonaktifkan TSRs dan startup jadwal yang secara otomatis setiap kali komputer boot. Untuk melihat jadwal apa yang berjalan di background dan berapa banyak memori dan CPU yang mereka gunakan, buka Task Manager. Jika Anda mempunyai scanner antivirus pada komputer, jadwal pemberian spyware, atau utilitas keamanan lainnya, pastikan tidak memindai komputer Anda di background. Jika scan sedang berlangsung, sanggup menurunkan kinerja keseluruhan komputer Anda.

Hapus file temp
Saat komputer menjalankan program, mengakses halaman web, dan sedang dipakai secara umum, file-file sementara yang disimpan pada hard drive. Menghapus file temp ini sanggup membantu meningkatkan kinerja komputer. Anda sanggup memakai Cleanup utilitas Windows Disk untuk menghapus temporary files dan file lainnya yang tidak lagi diharapkan di komputer.

Disk Cleanup mungkin tidak menghapus semua file di direktori temp. Oleh sebab itu, kami juga menyarankan menghapus file-file sementara secara manual dengan membuka sajian Start dan masukkan% temp% di kolom Search (pada Windows XP dan sebelumnya, klik opsi Run di sajian Start dan masukkan% temp% di kolom Run). Tekan Enter dan folder Temp harus terbuka. Anda sanggup menghapus semua file yang ditemukan dalam folder ini dan bila ada file sedang dipakai sanggup dilewati.

Sisakan ruang hard drive
Pastikan ada setidaknya 200-500MB ruang kosong hard drive. Ruang yang tersedia ini memungkinkan komputer untuk mempunyai ruang untuk swap file untuk meningkatkan ukuran, serta ruang untuk file sementara.

Bad dector atau terfragmentasi hard drive
Jalankan ScanDisk, chkdsk, atau sesuatu yang setara untuk memverifikasi tidak ada kesalahan secara fisik dengan hard drive komputer. Selalu cek kondisi hard disk anda.
  • Jalankan Defrag untuk membantu memastikan data yang disusun dalam urutan terbaik.
  • Gunakan perangkat lunak lain untuk menguji kesalahan hard drive dengan melihat SMART drive.

Memindai / Scan malware
Spyware dan malware merupakan penyebab besar banyak duduk masalah komputer, termasuk komputer yang lambat. Bahkan bila sebuah scanner antivirus diinstal pada komputer, kami sarankan Anda untuk menjalankan scan malware pada komputer. Gunakan versi gratis dari Malwarebytes untuk memindai komputer Anda dari malware.

Memindai /Scan virus
Jika komputer Anda terinfeksi dengan satu atau lebih virus, ini sanggup menjadikan komputer Anda berjalan lambat. Jika komputer Anda tidak mempunyai jadwal antivirus yang diinstal, Anda sanggup menjalankan gratis antivirus secara online untuk menyelidiki virus di komputer Anda, serta menghapusnya. Hal ini juga dianjurkan bahwa Anda menginstal jadwal antivirus untuk proteksi aktif terhadap virus.

Konflik hardware
Pastikan bahwa Device Manager tidak mempunyai konflik. Jika ada duduk masalah apapun, atasi duduk masalah ini sebab hal itu sanggup menjadi penyebab komputer melambat.

Windows Update
Pastikan Anda mempunyai semua Windows update terbaru yang diinstal pada komputer.
Jika Anda berselancar di Internet ketika komputer anda lambat, pastikan semua plugin browser yang up-to-date.

Perbarui driver Anda
Pastikan Anda menginstall driver terbaru untuk komputer Anda, terutama driver video terbaru. Setelah out-of-date driver sanggup menjadikan aneka macam masalah, termasuk kinerja lambat.

Upgrade memory
Jika Anda mempunyai komputer anda selama lebih dari dua tahun, Anda mungkin perlu lebih banyak memori. Saya sarankan komputer mempunyai minimal 1GB memori (RAM) untuk sistem 32-bit dan 2GB untuk sistem 64-bit. Dengan mempunyai memori yang cukup untuk jadwal untuk menjalankan dalam memori, komputer Anda tidak perlu menukar informasi yang tersimpan dalam memori ke file swap. Jika lampu hard drive komputer Anda terus-menerus aktif, dengan indikasi yang baik bahwa komputer Anda bertukar informasi antara memori dan hard drive sebab kurangnya ruang di memori.

Upgrade hard drive
Salah satu kendala terbesar dari sebuah komputer yakni hard disk drive. Bagi siapa pun dengan komputer yang lambat atau hanya mencari sesuatu untuk meng-upgrade di komputer untuk meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan, upgrade dari hard drive tradisional untuk Solid State Drive (SSD) secara signifikan akan meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.

Jalankan registry cleaner
Kami biasanya tidak menyarankan pembersih registri. Namun, bila Anda telah mengikuti semua langkah di atas dan komputer Anda masih lambat, coba jalankan registry cleaner pada komputer.

Komputer atau prosesor terlalu panas
Pastikan komputer Anda dan prosesor tidak terlalu panas. Panas berlebih sanggup menjadikan penurunan yang signifikan dalam kinerja komputer sebab sebagian besar prosesor secara otomatis mengurangi kecepatan prosesor untuk membantu mengimbangi panas. Debu, kotoran juga sanggup membatasi fatwa udara yang sempurna di dalam komputer Anda, yang sanggup menjadikan komputer terlalu panas. Pastikan komputer anda higienis dan fatwa udara tidak terhalang. Baca juga tips mengatasi komputer panas atau overheating.

Menghapus komputer dan Menginstalnya kembali
Jika tidak ada solusi di atas menuntaskan duduk masalah Anda, pilihan lain yakni baik menginstal ulang Windows atau menghapus segala sesuatu dan kemudian restore kembali. Menghapus segala sesuatu dan restore sanggup meningkatkan kinerja dengan menyingkirkan perangkat lunak usang atau driver yang ada pada komputer dan menjadikan komputer menjadi lambat. Menginstal salinan Windows, jadwal perangkat lunak, dan driver terbaru membantu memverifikasi tidak ada duduk masalah perangkat lunak terkait menjadikan komputer Anda menjadi lambat.

Masalah hardware
Akhirnya, bila komputer Anda terus menjadi lebih lambat dari biasanya bahkan sehabis anda menginstall kembali windows kemungkinan komputer Anda mengalami duduk masalah hardware yang terkait lebih serius ibarat kegagalan komponen dalam komputer. Ini sanggup menjadi kerusakan hard drive, CPU, RAM, motherboard, atau komponen lainnya.

Komputer lama
Jika komputer Anda lebih usang dari lima tahun, usia komputer sanggup menjadi penyebab kinerja lambat. Komputer usang tidak sanggup menjalankan program-program baru, yang sanggup menjadikan komputer lambat. Jika komputer Anda lebih usang dari lima tahun, kami sarankan membeli komputer baru.