Tips Mengatasi Gugup Di Hadapan Banyak Orang

Tips Mengatasi Gugup Di Hadapan Banyak Orang - Gugup (demam panggung) merupakan problem yang sering dihadapi banyak orang, kelihatannya memang gampang tapi ketika anda benar-benar dihadapkan dengan orang banyak dan harus berbicara mungkin keberanian anda akan menghilang. Apa yang anda rencanakan sebelumnya seakan-akan buyar dan keberanian anda ketika sebelum naik panggung ataupun mimbar seakan-akan menghilang. Berbicara memang mudah, siapa saja bisa melakukannya. Mulai dari belum dewasa hingga orang bau tanah bisa berbicara. Tetapi berbicara di depan umum terkadang terasa sangat sulit dilakukan. Banyak yang selalu merasa gugup ketika sedang berbicara di depan umum.

Bahkan seorang yang sangat percaya diripun kalau pertama kali harus berhadapan dengan banyak orang dan berbicara di depan mereka akan gugup melakukannya. Memang diharapkan banyak latihan untuk menghadapi hal ini. Suka ataupun tidak ada saatnya nanti harus melakukannya ntah itu di rapat kerja, rapat organisasi, ketika presentasi, sambutan dan lain sebagainya. Berikut Tips untuk menghadapi rasa gugup di hadapan banyak orang, atau berbicara dengan mereka.

Tips Mengatasi Gugup Di Hadapan Banyak Orang Tips Mengatasi Gugup Di Hadapan Banyak Orang

Cara biar tidak gugup berbicara di depan umum

Hilangkan Pikiran Negatif
Saat anda akan naik panggung atau mimbar ataupun menunggu giliran berbicara niscaya mempunyai pikiran negatif entah itu bagaimana kalau banyak orang bertanya dan saya tidk bisa menjawab, bagaimana kalau saya salah bicara ataupun pikiran nehgatif lain. Untuk itu hilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu di benak anda, pikirkan saja yang positif sebagai pola saja anggap anda berbicara dihadapan sobat sahabat anda sehingga pikiran anda tidak tegang.

Kuasai materi
Jika anda harus berbicara banyak hal di hadapan banyak anda harus mengetahui dengan baik topik apa yang akan anda bicarakan, sehingga kalau ada yang meminta suatu klarifikasi atau pertanyaan anda dengan gampang menjawabnya. Salah satu yang menciptakan gugup orang di depan panggung ataupun mimbar yakni ketidak bisaan menjawab pertanyaan yang diajukan. Pelajari dengan baik bahan yang akan disampaikan.

Anggap Hadirin Sebagai suatu barang
Pernah pengalaman saya sendiri, saya disarankan oleh dosen saya untuk menganggap semua hadirin itu sebagai kerikil atau pohon atau barang lain. Sebenarnya hal pertama yang timbul di benak saya itu hal yang konyol dan aneh, namun sehabis saya praktekkan ternyata benar juga. Dlam pikiran saya anggap hadirin yakni sesuatu barang yang ada di rumah saya, benar saja saya sanggup memberikan bahan dengan terang dan lancar, sayapun sanggup memperlihatkan klarifikasi dengan benar alasannya saya menganggap hal itu sebgai suatu yang setiap hari saya lihat dirumah.

Hindari kontak mata.
Hindari kontak mata memang hal yang sangat jitu untuk menghadapi rasa gugup ini, bukan berarti anda harus memalingkan wajah terhadap para audience lho? Setiap mata niscaya melihat kearah anda sebagai pembicara dan itu yang mengakibatkan kegugupan anda, anda harus menatap semua hadirin namun hindari kontak mata pribadi anda bisa melihat jidat atau rambut audience anda saja untuk menghadapi rasa gugup.

Atur Pernapasan
Anda sanggup berlatih nafas beberapa menit sebelum mulai tampil di depan umum. Cara ini saya buktikan sangat ampuh menghilangkan gugup ketika berbicara. Percaya atau tidak olah napas yang benar memperlihatkan pengaruh nyaman pada pikiran anda, kalau anda merasa rileks dan santai tentu saja anda tidak akan merasa gugup. Caranya yakni dengan menarik nafas dalam-dalam kemudian menghembuskan dengan perlahan-lahan. Lakukan hal tersebut berkali-kali maka nafas anda akan membaik dan anda bisa berbicara dengan lancar nantinya. Olah napas berkhasiat untuk ketenangan pikiran & kesehatan.

Latihan kontinue
Pembicara profesional saja butuh latihan. Jangan pernah menganggap mereka yang sudah sering tampil di muka umum tidak pernah merasa gugup. Dari pengukuhan seorang sobat saya seorang MC berpengalaman ternyata mereka masih juga merasa gugup ketika akan berbicara di depan umum memenuhi ajakan pelaksana. Berlatihalah beberapa hari sebelum tampil di depan umum berbicara, anda sanggup berlatih didepan cermin maupun di kamar anda secara teratur dan terus menerus. Mempelajari teori tanpa praktek itu percuma. Atau anda bisa berlatih berbicara di sobat sahabat sebaya anda atau sobat kampus, sekolah atau didepan keluarga atau sanak saudara.