Strategi Tepat Menghadapi Masa Pensiun


Bagi anda yang sudah memiliki pekerjaan sebagai pegawai kantor, tentunya beberapa tahun lagi akan menghadapi masa pensiun. Masa pensiun tersebut dilakukan karena anda sudah mengalami produktivitas yang mulai menurun karena usia yang sudah tidak muda lagi. Oleh sebab itu, anda harus mempersiapkan kebutuhan untuk masa pensiun anda mulai saat ini. 

Berikut akan saya jelaskan mengenai strategi tepat dalam menghadapi masa pensiun.
Menggunakan Asuransi
Anda dapat ikut dalam menggunakan asuransi umum, BPJS, atau chubb life insurance yang dapat menjadi tabungan masa pensiunan anda nanti. Sehingga akan meringankan keuangan anda ketika sudah pensiun nanti. Semakin muda usia anda ketika menggunakan asuransi, maka semakin murah iuran asuransi pada setiap bulannya. Jangan lupa untuk membayar iuran asuransi setiap bulannya. 
Melakukan Investasi
Sebelum anda memasuki masa pensiun, saya menyarankan anda untuk melakukan investasi dalam menghadapi masa tua anda. Sehingga dari investasi itulah, anda akan mendapatkan uang untuk biaya kehidupan sehari hari. 

Dalam melakukan investasi, terlebih dahulu anda harus banyak mencari informasi mengenai perusahaan yang akan anda berikan investasi tersebut. Pastikan perusahaan tersebut dalam kondisi baik dan tidak memiliki masalah internal. Sehingga anda dapat menerima keuntungan besar. Jangan pernah anda melakukan investasi pada perusahaan yang bermasalah, karena dapat membuat anda bangkrut.
Menabung 15% dari Pendapatan
Bila anda tidak berniat melakukan investasi dalam perusahaan, anda dapat menabung setiap bulannya sebanyak 15% dari pendapatan anda. Sebanyak 15% sudah dapat mencukupi kebutuhan pensiun anda nanti. Namun bila anda merasa keberatan, anda dapat menyisihkan pendapatan anda sesuai dengan kemampuan anda. 
Membuat Usaha Sampingan
Strategi selanjutnya dalam menghadapi masa pensiun adalah membuat usaha sampingan. Anda dapat menciptakan ide usaha dari peluang yang ada di sekitar anda, hobi yang anda sukai, atau dari kemampuan yang anda miliki. Dengan begitu anda tidak kesulitan menciptakan usaha sampingan untuk masa tua anda. 
Adanya usaha sampingan ini sangatlah membantu anda baik pada masa sekarang ataupun masa pensiun. Sehingga anda memiliki banyak tabungan untuk masa pensiun anda nanti dari hasil usaha sampingan anda. Dengan strategi inilah anda dapat hidup sejahtera menjelang masa pensiunan. 
Bayar Cicilan Tepat Waktu
Pastikan masa pensiun anda sejahtera dan bebas dari cicilan beserta bunga yang ada dalam cicilan tersebut. Oleh sebab itu bila anda memiliki cicilan motor, mobil, atau rumah segera lakukan pelunasan secepat mungkin. Sehingga tidak akan merepotkan anda ketika sudah memasuki masa pensiun dan juga memasuki masa tua. 
Usahakan bila anda ingin membeli barang dengan harga lumayan besar, anda harus menabung terlebih dahulu. Bila uang anda sudah mencukupi, anda dapat membelinya secara tunai tanpa harus mencicilnya. Sehingga anda tidak memiliki cicilan yang harus anda tanggung selama anda bekerja bahkan anda memasuki masa pensiun. 
Menjaga Kesehatan
Pada masa pensiun, tubuh rentang terhadap penyakit yang membahayakan. Hal ini karena usia tubuh yang sudah tidak muda lagi. Oleh sebab itu mulai dari sekarang, anda harus rajin olahraga dan juga menjaga pola makan anda. Itu sama dengan investasi kesehatan untuk masa tua anda. Tentunya anda tidak mau bila masa pensiun anda dihabiskan hanya di dalam kamar saja. 

Maka dari itu, anda harus membiasakan tubuh anda untuk aktif untuk bergerak mulai dari sekarang. Minimal anda melakukan jalan kaki di pagi hari sambil menghirup udara segar. Kemudian diikuti dengan makan makanan bergizi seimbang. Sehingga tubuh anda selalu sehat dan bugar setiap hari.

Kesejahteraan masa pensiun anda tergantung dari kehidupan anda sekarang. Bila anda selalu menabung, maka kesejahteraan dapat anda rasakan. Akan tetapi bila anda selalu bersenang senang, maka masa pensiun anda bisa jadi akan bergantung pada orang lain. Selamat mencoba.