Ini Dia Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya


Sariawan (Stomatitis aphtosa) adalah luka atau peradangan di bibir atau dalam mulut yang menyebabkan rasa perih dan tidak nyaman untuk mengunyah, minum, atau berbicara. Sariawan tidak menular, tetapi dapat diderita oleh semua orang. Faktanya, sariawan lebih sering dialami oleh wanita, remaja, dan anak-anak. 

Penyebab Sariawan

Penting untuk mengetahui penyebab sariawan sebelum mengatasinya. Ada banyak penyebab munculnya sariawan yang terjadi di lidah, bibir, atau mulut bagian dalam. Beberapa penyebab umum sariawan sebagai berikut.

Kerap muncul ketika stres.
Terinfeksi virus, bakteri, atau jamur.
Alergi terhadap makanan.
Kekurangan vitamin atau mineral tertentu. 
Sistem kekebalan tubuh yang bermasalah. 
Hormon yang berubah-ubah.
Siklus menstruasi 
Adanya luka di mulut. 
Cedera akibat tergigit atau salah menyikat gigi. 

Cara Alami Menyembuhkan Sariawan

Sariawan bisa menyebabkan seseorang malas berbicara dan tidak bisa makan. Bahkan, rasa nyeri akibat sariawan bisa mengubah mood menjadi buruk. Sariawan sering dianggap sepele padahal bisa memengaruhi aktivitas penderitanya. 

Lakukan cara alami yang bisa menjadi obat sariawan manjur adalah konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Jenis buah dan sayuran yang baik untuk penyembuhan sariawan antara lain semangka, pir, ketimun, dan sayur selada yang bersifat menenangkan. 

Obat Sariawan Tanpa Alkohol

Salah satu syarat obat sariawan manjur adalah tidak mengandung alkohol. Berdasarkan pendapat Dr Gerry Curatola, pendiri Rejuvenation Dentistry di New York City, alkohol untuk obat sariawan bisa menimbulkan masalah lain di mulut. 

Alkohol bisa menyebabkan mulut terasa semakin kering sehingga sariawan semakin parah. Bahkan, alkohol mampu membunuh bakteri baik di mulut sehingga bakteri jahat penyebab infeksi lebih cepat berkembang.

Pilihlah obat sariawan manjur yang tidak mengandung alkohol, yaitu Aloclair Plus yang dapat digunakan oleh semua orang. Mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa boleh memakainya. Kandungan obat ini tidak berbahaya jika tertelan oleh bayi dan anak anak.

Keunggulan Aloclair lainnya adalah ada varian produk ini yang berbentuk cairan untuk berkumur (Oral Rinse). Menurut para pakar kesehatan, obat sariawan manjur sebaiknya berbentuk obat kumur. Tidak hanya obat kumur, Aloclair juga memiliki bentuk lain, yaitu gel dan spray.

Aloclair Plus Gel lebih cocok untuk bayi karena bayi belum bisa berkumur. Untuk mendapatkan rasa segar di mulut sebaiknya memakai Aloclair Plus Oral Rinse atau Aloclair Plus Spray. Kedua bentuk tersebut cocok untuk sariawan dalam jumlah banyak.

Keistimewaan Aloclair Plus

Aloclair Plus memiliki banyak keistimewaan sebagai berikut.
Tidak ada kandungan alkohol
Kandungan dasar alami, yaitu ekstrak lidah buaya
Tidak perih ketika digunakan
Aman digunakan oleh bayi atau anak-anak termasuk ketika tertelan.
Menimbulkan rasa segar di mulut
Penduduk di 57 negara telah memakai Aloclair untuk menyembuhkan sariawan.
Sariawan sebaiknya ditangani dengan cara yang tepat dan cepat. Pilihlah obat sariawan manjur yang terpercaya seperti Aloclair. Jaga terus kesehatan Anda!