Mengenal 4 A (Attraction, Accesability, Amenities, & Ancillary) Sektor Pariwisata


Gambar oleh Jufri Derwotubun dari Pixabay 
Dalam pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata diharapkan empat aspek utama yang harus diperhatikan. Empat aspek ini menjadi sangat penting, mengingat keberlangsungan suatu destinasi pariwisata akan menjadi fokus penting ketika ini. Dalam beberapa tahun terakhir, sektor pariwisata telah menjadi maradona bagi masyarakat luas, utamanya adalah para pelaku didalamnya. Bagaimana tidak, ketika ini insan dihadapkan pada kebutuhan penting untuk berwisata. Sehingga, fenomena ini dijadikan oleh para pelaku wisata untuk mengembangan beragam atraksi pada destinasi wisata baik dalam kapasitasnya sebagai pemerintah, swasta dan juga masyarakat pada umumnya bergegas dalam membuatkan industri yang menjanjikan ini. Sehingga aspek yang harus diperhatikan antara lain yakni Attraction, Accessibility, Amenity dan Ancilliary. Berikut ulasan dari aspek-aspek tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

a. Attraction (Daya Tarik Wisata)

Saat ini, beragam daya tarik wisata telah banyak ditawarkan oleh para pengelola sebuah destinasi wisata diantaranya ialah wisata alam seperti gunung, laut, tumbuhan, fauna dan banyak sekali ciptaan Tuhan Yang Maha Esa lainnya atau wisata lain yang dibuat insan seperti peninggalan sejarah, peninggalan purbakala, seni dan budaya, wisata air, wisata petualangan, taman rekreasi dan banyak sekali daya tarik lainnya.

b. Accesability (Aksesibilitas)

Dalam menunjang para wisatawan semoga mudah menuju ke bermacam-macam destinasi wisata, mereka harus ditunjang oleh akomodasi yang memadai. Akomodasi yang dimaksud diantaranya yaitu sarana transportasi bagi para wisatawan domestik atau mancanegara. Sebuah destinasi wisata yang dikunjungi harus tersedia sarana transportasi sesuai dengan untuk lokasi dari destinasi wisata seperti kendaraan umum, kereta, pesawat, kapal bahari, dan lainnya selain itu juga kondisi jalan menuju lokasi harus memadai dengan baik. Selain itu, aksesibilitas ini juga harus ditunjang dengan keberadaan koneksi yang memadai sebagai sarana telekomunikasi dan sebagai salah satu poin untuk menunjang publikasi terhadap destinasi wisata dan aneka macam akomodasi lainnya yang harus ditunjang dengan menyesuaikan destinasi wisata tersebut.

c) Amenities (Fasilitas)

Destinasi wisata selain ditunjang dengan akomodasi yang mumpuni juga harus di tunjang dengan dengan fasilitas yang baik semoga dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan selama berada pada sebuah destinasi, mirip toko cenderamata, daerah ibadah, rumah makan, daerah mandi dan banyak sekali kemudahan umum lainnya.

d) Ancillary (Kelembagaan)

Keberadaan sebuah destinasi wisata harus ditunjang dengan keberadaan lembaga yang mengelolanya. Lembaga tersebut akan menjadi bermanfaat bagi para wisatawan karena mereka akan dimudahkan dengan berbagai layanan mirip isu, keamanan dan aneka macam layanan lainnya.