MENGENAL SISTEM KERJA PANEL SURYA


Kamu mungkin sudah mengenal panel surya sebagai salah satu alternatif energi terbarukan untuk memproduksi listrik. Banyak kota-kota besar di Indonesia sudah memanfaatkan panel surya untuk berbagai keperluan seperti mesin irigasi atau produksi listrik lampu jalanan. Tapi sebenarnya kamu tahu nggak cara kerja panel surya?

Kapasitas listrik di Indonesia belum mencukupi untuk melayani seluruh wilayah di Indonesia. Permintaan listrik di Indonesia tercatat terus meningkat, yaitu 10% – 15% per tahun, namun pembangunan pembangkit listrik masih kurang. 

Pada dasarnya Penyedia Panel Surya sendiri harus bisa memastikan perkiraan jika pemasangan panel surya di suatu tempat berhasil atau bisa dibilang harus strategis, karena jika jarangnya ada cahaya sinar matahari di lokasi tersebut maka, alat panel surya ini tidak bisa bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, Layanan sewatama akan mensurvei terlebih dahulu apakah lokasi tersebut cocok untuk dipasangkan panel surya atau tidak. Simak pengertian dan cara kerja panel surya berikut ini.

Pengertian panel surya

Panel surya adalah suatu komponen yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic.

Energi listrik yang diproduksi biasanya akan digunakan untuk kebutuhan listrik dan ada yang disimpan terlebih dahulu dengan baterai.

Cara kerja sistem panel bertenaga matahari ini tetap dapat berjalan meski keadaan sore, malam hari maupun hujan sekalipun karena menggunakan bantuan baterai tersebut. 

Cara kerja panel surya sederhana

Secara sederhana, cara kerja panel solar adalah dengan menyerap cahaya matahari dan menapung energi yang dihasilkan ke dalam sebuah baterai. Dengan demikian, sistem bisa berjalan meskipun di sore hari, malam hari, atau ketika kondisi hujan. Selain itu, terdapat kabel yang terintegrasi dengan instalasi listrik di dalam rumah. Ketika ada konsumsi listrik dari barang elektronik, misalnya ketika menyalakan televisi, secara otomatis tenaga listriknya diambil dari baterai.

Nah itu dia pengertian dan cara kerja panel surya ini, cukup sederhana bukan. Untuk kamu yang ingin membeli bisa langsung menghubungi Penyedia Panel Surya dari sewatama. Mengapa harus disini? Karena Layanan sewatama terjamin akan kepuasaan yang diberikan dari mulai mesin yang bagus, konsultasi yang baik sampai dengan para pekerja yang profesional.