Begini Cara Mudah Urus Balik Nama Kendaraan

 



Ketika Anda membeli mobil bekas Jakarta maka hal yang harus Anda urus dengan segera adalah balik nama BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Meski pengurusan balik nama ini terkadang dinilai merepotkan, namun jika Anda sudah mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan, maka pengurusannya tentu bisa berjalan lancar.


Cara mengurus balik nama kendaraan


Bagi Anda yang baru pertama kali mengurus balik nama kendaraan, berikut langkah-langkah mengurusnya:


1.       Siapkan semua dokumen

Ada beberapa dokumen yang harus Anda siapkan sebelum melakukan pengurusan balik nama mobil bekas yang Anda beli. Dokumen-dokumen tersebut berupa STNK yang asli serta fotokopi, KTP asli serta fotokopi pemilik baru, BPKB yang asli serta fotokopi, dan kuitansi pembelian mobil bekas yang sudah ditandatangani di atas materai.

2.       Kunjungi kantor samsat

Langkah selanjutnya adalah mendatangi kantor Samsat yang berada di dekat tempat tinggal Anda. Bawalah berkas-berkas persyaratan yang sudah disiapkan dan masukkan ke dalam map. Untuk BPKB yang asli serta kuitansi pembelian mobil bekas masukkan pada map yang terpisah. Nah, apabila pengurusan balik nama mobil bekas Anda berbeda wilayah, maka Anda wajib melakukan pencabutan berkas terlebih dahulu baru kemudian mengurusnya kembali.

3.       Tes fisik mobil

Setelah itu, lakukan tes fisik ke tempat pengecekan fisik mobil. Biasanya, jika sudah selesai dicek, Anda akan mendapatkan lembaran yang isinya hasil dari cek fisik mobil berupa gesek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan. Hasil cek fisik ini bisa Anda serahkan bersamaan dengan berkas-berkas ke loket pengesahan cek fisik khusus balik nama dan membayar biayanya.

Setelah divalidasi, hasil pengesahan cek fisik serta kuitansi harus di fotokopi dan disimpan untuk mengurusnya di Polda setelah Anda menyelesaikan proses balik nama STNK di Samsat.

4.       Daftar balik nama mobil

Saat daftar balik nama mobil, Anda harus menyerahkan berkas-berkas untuk diperiksa kelengkapannya. Biasanya, ada formulir yang harus diisi dan nantinya Anda akan dipanggil untuk diberi tanda terima. Anda pun akan mendapatkan kembali BPKB dan KTP asli, lalu membayar biaya pendaftaran dan Anda biasanya diminta datang lagi sekitar 2 sampai 5 hari.

5.       Ambil notice dan bayar pajak

Jika sudah tiba waktunya, Anda bisa datang lagi ke Samsat dengan membawa tanda terima dan BPKB asli. Gabungkan dokumen-dokumen dalam satu map dan Anda akan mendapat notice pajak. Setelahnya, Anda harus melakukan pembayaran di loket yang tersedia.

6.       Ambil STNK

Setelah membayar pajak, Anda hanya perlu menunggu untuk dipanggil. Kemudian, saat sudah dipanggil, Anda bisa mengambil STNK yang sudah dibalik nama menjadi nama Anda. Selesai dan kini mobil bekas tersebut sudah resmi menjadi milik Anda.


Itu dia cara mudah mengurus balik nama kendaraan yang bisa Anda terapkan. Melalui beberapa cara yang sudah dituliskan di atas, Anda tentunya tidak perlu khawatir saat membeli mobil bekas karena takut kerepotan mengurus balik nama surat-surat kendaraan tersebut. Jika semua berkas sudah Anda siapkan denganlengkap, maka prosesnya pun akan berlangsung dengan lancar.