Cara Membuat Cireng Salju yang Sangat Krispi


Cireng merupakan singkatan dari aci yang di goreng). Cireng merupakan salah satu jenis makanan ringan yang berasal dari tanah sunda atau Jawa Barat. Cireng ini merupakan makanan yang sangat mudah, karena dibuat hanya dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioca atau dalam Bahasa Sunda biasa disebut dengan aci. Makanan ringan ini dijual dalam berbagai bentuk dan juga berbagai varian rasa. Makanan satu ini bisa anda temui di pinggiran jalan bahkan sampai di restoran – restoran. Jadi, anda tidak perlu kesulitan untuk menenmukan camilan khas tanah Sunda ini.

Selain dengan membeli nya di pinggiran jalan, cireng juga bisa anda buat sendiri di rumah. Karena cara dan Langkah nya yang mudah, sudah barang tetu anda bisa menikmati cireng homemade. Cireng juga terdiri dari berbagai macam rasa dan jenis. Ada cireng dengan isian mozzarella, sosis, korent, ayam suir, daging, baso dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga cireng basah dan cireng kering. Cireng basah adalah cireng yang sudah digoreng, lalu di banjur dengan bumbu berkuah seperti bumbu rujak dll. Untuk cireng kering, cireng ini dimakan begitu saja setelah digoreng tanpa bumbu tambahan. Tidak sampai situ, cireng juga ada dengan jenis cireng salju. Cireng salju ini merupakan cireng yang dibuat seperti salju. Tekstur nya renyah di luar namun lembut di dalam. Bagaimakah cara membuat cireng salju yang enak ini? Berikut penjelasannya.

Cireng salju ini biasanya dibuat dengan menggunakan adonan biang seperti pempek atau juga bisa dengan cara mencampurkan langsung semua bahan yang telah tersedia dan kemudian diuleni. Berikut bahan – bahan yang digunakan untuk membuat cireng salju.

Bahan – bahan

  1. 10 sdm tapioka
  2. 3 sdm tepung terigu
  3. 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  4. 1 batang daun bawang yang sudah diiris halus
  5. air panas
  6. garam sesuai selera

Cara membuat

  1. anda perlu mencampurkan bahan – bahan cireng di atas seperti tepung tapioka, daun bawang, tepung terigu, garam, dan bawang putih yg sudah dihaluskan.
  2. Tuangkan air panas dengan sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dibentuk dengan menggunakan tangan. Perlu diingat, saat menguleni adonan, jangan sampai terlalu kalis agar hasil akhirnya tidak menjadi alot.
  3. Cetaklah adonan dengan bentuk bulat dan pipih, jangan lupa untuk menaburi adonan yang telah dibentuk dengan sisa tepung tapioka agar tidak lengket.
  4.  Panaskan minyak dengan jumlah yang banyak di penggorengan, lalu goreng cireng dengan api sedang. Cireng salju ini tidak perlu digoreng hingga warna nya kecoklatan. Segera angkat begitu warnanya sudah mulai berubah.

Cireng salju ini akan sangat lengkap jika disajikan dengan bumbu rujak. Berikut bahan untuk membuatnya

Bahan – bahan bumbu rujak

  1. 50 gr gula merah
  2. 5 buah cabai rawit atau sesuai selera
  3. 1 gelas air matang
  4. 1/4 sdt garam
  5. 1/2 sdt asam jawa

Nah, cara membuat cireng salju dengan bumbu rujak ini tidak sulit untuk membuat bumbunya, karena untuk membuat bumbu rujak, haluskan asam, gula merah, cabai, dan garam. Tuangi air matang, kemudian rebus hingga menyusut dan kental.

Dengan begitu, cireng salju telah selesai dibuat. Mudahkan cara membeuat cireng salju ini. Selamat mencoba!