Cara Membersihkan Noda Membandel di Karpet Lantai dengan Sabun Cuci Piring

 


Noda membandel pasti sangat menjengkelkan, apalagi jika noda itu menempel pada karpet lantai di rumah. Rasanya ingin sekali membeli karpet yang baru. Tapi Anda tidak perlu melakukan hal itu, karena noda tersebut bisa dibersihkan hanya dengan sabun bahan yang ada di rumah saja.

Bahan tersebut adalah sabun pencuci piring. Ternyata bahan ini tidak hanya berguna untuk membersihkan peralatan makan saja, tapi juga bisa digunakan untuk karpet di rumah. Simak pembahasannya di bawah ini.

Jenis Noda

Walaupun bisa digunakan untuk membersihkan kotoran di karpet secara umum, sabun cuci piring ternyata lebih cocok untuk pembersihan noda minyak. Hal ini karena sabun pencuci piring baik untuk mengangkat minyak di peralatan makan, maka sabun jenis ini juga baik noda minyak pada karpet lantai tebal.

Komposisi di dalam sabun cuci piring akan mengangkat noda minyak jauh lebih ampuh daripada dengan sabun-sabun lain. Sehingga noda akan bersih lebih cepat.

Cara Pembersihan

Cara membersihkan karpet lantai yang pas untuk karpet di rumah adalah berikut:

  1. Siapkan wadah untuk air dan sabun cuci piring.
  2. Campurkan satu sendok makan sabun cuci piring.
  3. Tambahkan air hangat secukupnya.
  4. Campur sampai merata.
  5. Gunakan campuran ini untuk pembersihan karpet dengan spons.
  6. Tunggu hingga kering.

Cara tersebut akan ampuh membersihkan noda pada karpet di rumah. Sehingga karpet terlihat seperti baru dibeli.

Tips Pembersihan

Selain dengan cara di atas. Ada tips pembersihan yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan karpet lantai rumah dengan sabun cuci piring ini. Yaitu dengan tidak menggosok noda tersebut, melainkan dengan menghapus atau menekan-nekan noda tersebut.

Menggosok noda pada karpet akan membuat kotoran tersebar ke bagian karpet yang lain. Sehingga serat-serat pada karpet bisa menjadi rusak. Selain itu, sebaiknya menekan noda tersebut dari luar ke arah dalam, agar kotoran tidak menyebar lebih jauh lagi.

Itulah dia pembahasan mengenai membersihkan noda membandel di karpet lantai rumah Anda. Lakukan tips dan trik ini dengan baik, sehingga karpet di rumah bisa terasa seperti baru lagi. Semoga bisa bermanfaat agar Anda tidak perlu beli karpet baru lagi.