Cara Cek Resi Berbagai Jasa Ekspedisi Paket Di Indonesia



Bagi anda yang sudah terbiasa mengirim barang melalui jasa ekspedisi paket tentunya anda sudah tidak asing mendengar isitilah nomor resi. Ya, nomor resi merupakan nomor bukti pengiriman yang diberikan oleh jasa pengiriman paket kepada pelanggannya. Nantinya nomor resi tersebut bisa digunakan untuk melacak keberadaan paket yang sedang dikirimkan.

Lalu bagaimana jika anda melakukan pengiriman paket yang dilakukan melalui aplikasi e-commerce tapi anda ingin mengetahui nomor resi dari paket yang akan dikirimkan. Caranya cukup mudah, anda bisa melakukan pengecekan resi secara online melalui situs web resmi jasa ekspedisi yang dipilih ataupun anda bisa memasukan kode booking yang diterima dari aplikasi e-commerce yang anda pilih.

Jangan lupa juga setelah mendapatkan nomor resi dari pihak jasa ekspedisi, anda diharuskan mengecek keaslian nomor dengan cara melakukan tracking atau pelacakan barang. Jika tracking tidak dapat dilakukan maka itu tandanya nomor resi anda terdapat kesalahan atau bisa jadi terjadi error selama pencarian.

Agar menghindari hal – hal seperti itu maka anda bisa mengikuti cara – cara pengecekan nomor resi dari berbagi jasa ekspedisi yang ada di Indonesia berikut ini :

1. Cara cek resi J&T

  • Cara cek resi J&T secara online yaitu anda bisa mengunjungi situs resmi J&T di www.jet.co.id lalu masukan kode booking yang anda miliki.
  • Cara kedua yaitu anda bisa mencarinya lewat fitur tracking dengan memasukan nomor resi yang anda miliki.
  • Cara ketiga yaitu anda bisa langsung mengunjungi cabang drop point di kota anda jika nomor resi tidak kunjung diberikan kepada anda.

2. Cara cek resi SiCepat

 ini merupakan jasa ekspedisi yang melayani pengiriman paket ke seluruh daerah di Indonesia dengan ragam pilihan pengantaran. Jika anda mengirimkan paket menggunakan jasa ekspedisi SiCepat berikut cara untuk mengecek resinya :

  • Cara cek resi SiCepat biasanya anda akan diminta untuk mengisi form dengan memilih SiCepat sebagai ekpedisi, masukan kode booking dan nanti akan keluar nomor resi pengiriman paket anda.
  • Setelah mendapatkan nomor resi anda bisa mengecek keaslian nomor resi tersebut dengan cara melakukan tracking paket anda. Jika nomor resi asli dan sah, maka paket yang sedang dikirimkan akan bisa terlacak.

3. Cara cek resi JNE

Biasanya jasa ekspedisi JNE ini memiliki beberapa kategori layanan seperti JNE YES, JNE REG, dan JNE OKE. Setelah anda memilih jenis layanan yang digunakan barulah pihak ekspedisi akan memberikan nomor resi kepada anda.

  • Cara lain untuk melakukan pengecekan nomor resi JNE adalah dengan membuka situs resmi JNE dan memasukan kode booking dari paket yang sedang dikirimkan.
  • Setelah mendapatkan nomor resi anda bisa mengecek resi tersebut dengan melihat status pengiriman paket anda.

4. Cara cek resi Anteraja, Ninja Express, dan TIKI

Selain jasa ekspedisi diatas ternyata jasa ekspedisi seperti Anteraja, Ninja Express, dan TIKI pun tidak mau kalah saing. Mereka membuat fitur tracking untuk bisa melacak keberadaan paket dengan memasukan nomor resi yang diberikan kepada pelanggan.

  • Jika nomor resi yang didapatkan saat sedang melakukan pengiriman tidak dapat diakses maka anda bisa mencoba melakukan pengecekan melalui situs web resmi dari pihak ekspedisi masing – masing.
  • Jikas nomor resi masih tida bisa diakses maka anda bisa menghubungi pihak ekspedisi terdekat dari daerah anda.