Tips Jaga Kesehatan Sendi di Usia Aktif


Anda termasuk sering turun naik tangga atau berdiri seharian? Tentu aktivitas tersebut membuat lutut terasa kurang nyaman. Selain itu, kondisi yang kronis tidak jarang membuat seseorang membutuhkan perawatan dari klinik operasi lutut Jakarta atau paling tidak membutuhkan konsultasi dari dokter ortopedi terpercaya. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, beragam cara dapat Anda lakukan untuk meminimalisir dampak buruk kerusakan sendi terutama pada lutut, sekaligus menjaga kesehatannya di usia aktif. Yuk, simak tips berikut:

Gunakan alas kaki yang nyaman

Beberapa orang mungkin diharuskan menggunakan jenis sepatu tertentu untuk aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan. Padahal untuk penggunaan harian, tidak semua sepatu atau alas kaki baik digunakan terus menerus. Sebut saja alas kaki bertumit tinggi, yang justru akan memberikan tekanan tambahan pada kaki serta membuat tulang rawan di bagian lutut menjadi cepat aus. Untuk mengatasi hal ini, Ada baiknya Anda menggunakan sepatu bertumit tinggi dengan jenis platform dimana hak pada tumit dengan ujung jari memiliki ketinggian yang sama sehingga posisi kaki tidak terlalu menukik.

Rajin lakukan gerakan peregangan

Untuk mendapatkan sendi yang sehat, terutama pada area kaki, rajin melakukan peraganggan adalah kunci utama. Lakukan pereganggan ringan di pagi hari setelah bangun tidur atau bisa juga di sela-sela waktu istirahat kerja Anda. Selain itu, melakukan aktivitas gerak yang tepat juga bisa membantu Anda menjaga kesehatan sendi, misalnya dengan berjalan kaki setidaknya selama 20 hingga 30 menit setiap hari. Peregangan dan aktivitas gerak yang tepat tidak hanya menjaga kesehatan sendi namun juga menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi

Bukan rahasia lagi, setiap makanan yang kita konsumsi akan tercermin pada kesehatan tubuh kita. Untuk itu, rajin lah mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3, vitamin D, Protein, Kalsium dan zat berguna lainnya untuk menjaga kesehatan sendi. Beberapa makanan yang mengandung nutrisi di atas, seperti seafood, kacang-kacangan, susu hingga bayam dapat Anda temui dengan mudah di pasar ataupun swalayan terdekat. Agar Anda semakin rajin mengkonsumsi makanan sehat secara rutin, buatlah daftar menu makanan sehat untuk disantap bersama keluarga setiap minggu dengan memilih resep masakan yang mudah dibuat dan bahan bergizi yang mudah didapatkan.

Itu dia beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan sendi terutama pada area kaki. Anda dapat melakukan tips di atas secara bertahap sehingga dapat menemukan ritme gaya hidup yang tepat dan tidak terlalu menyusahkan. Perhatikan juga barang bawaan yang biasa Anda bawa, jika cenderung terlalu berat, usahakan untuk mengurangi beban dengan membawa barang yang perlu saja. Selain itu, pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup setelah seharian beraktivitas di luar rumah, ya.