Internet Satelit, Solusi bagi Masyarakat yang Belum Terjangkau Coverage ISP


Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mewujudkan pemerataan fasilitas dan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya internet yang kini semakin dibutuhkan berbagai lapisan masyarakat. Sayangnya, wilayah-wilayah yang berada jauh dari kawasan urban belum mendapatkan infrastruktur memadai. Namun belakangan, sudah ada internet satelit untuk daerah terpencil yang dinilai dapat mengoptimalkan jaringan di sana.

Apa itu internet satelit? Barangkali Anda yang belum pernah mendengarnya penasaran dengan layanan tersebut. Untuk informasi selengkapnya, mari simak pengertian hingga potensinya sebagai salah satu infrastruktur pembangunan di kawasan terpencil.

Definisi dan cara kerja internet satelit

Secara garis besar, internet satelit merupakan proses mengakses internet memanfaatkan satelit komunikasi, misalnya satelit geostasioner. Cara kerjanya juga mudah. Satelit akan mengirimkan dan menerima informasi ke lokasi di Bumi (pusat operasi jaringan). Dengan begitu, semua komunikasi dari parabola ke satelit yang mengorbit dapat mengalir ke berbagai koleksi. Koneksinya juga dapat dibawa ke mana saja, termasuk daerah terpencil yang belum bisa dijangkau optic fiber.

Komunikasi data yang dilakukan dengan internet satelit juga tak jauh berbeda dengan layanan dari Internet Service Powder (ISP). Kuncinya adalah dengan mengonfigurasikan sistem satelit, sehingga layanan bekerja selayaknya ISP.

Kemudian, ada perangkat tertentu yang digunakan untuk menunjang internet satelit. Sebagian besar internet satelit sebenarnya sudah memakai modem, kabel jaringan, dan router nirkabel. Akan tetapi, internet satelit untuk daerah terpencil modern mempunyai perlengkapan dengan ukuran lebih kecil yang membuatnya ringkas dan mudah diinstal. Bahkan ada provider yang memanfaatkan antena parabola untuk memudahkan penangkapan sinyal.

Solusi layanan internet di daerah terpencil

Karena tak mengandalkan kabel atau fiber, internet satelit dianggap menjadi solusi terbaik yang membantu pemerintah membangun infrastruktur di kawasan-kawasan terpencil. Apalagi Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri atas pulau-pulau besar dan kecil.

Kebanyakan pulau besar yang dihuni masyarakat umumnya sudah menikmati jaringan internet stabil dan kuat. Namun, layanan tersebut belum diterima penduduk yang tinggal di pulau-pulau kecil atau yang berada di area perbatasan. Pemasangan kabel dan fiber pun dinilai mengeluarkan biaya yang cukup besar, lalu belum tentu sinyalnya sama kuat dengan di pulau besar.

Sementara konstelasi satelit yang digunakan pada internet satelit mengorbit rendah di permukaan Bumi, sehingga memudahkan akses internet di kawasan-kawasan yang belum masuk coverage dari provider internet berbasis kabel atau fiber. Jadi masyarakat di wilayah tersebut dapat menerima informasi sama cepatnya dengan penduduk di kota.

Memang, ada pro-kontra yang melingkupi internet satelit untuk daerah terpencil. Akan tetapi, hal tersebut semestinya menjadi pemicu bagi pemerintah untuk mengatasinya. Dengan begitu, tak ada lagi wilayah Indonesia yang tak kebagian internet.