Tips Jaga Kualitas Tidur si Kecil


Si kecil usia 0-12 bulan membutuhkan kualitas tidur yang baik, hal ini tentu untuk mendorong penyerapan nutrisi serta tumbuh kembangnya. Kebutuhan ini akan meningkat, terutama saat kondisi sakit, bayi membutuhkan kualitas tidur yang lebih baik daripada biasanya. Maka dari itu, ketika si kecil sakit, usahakan bunda aktif dalam menangani masalah-masalah yang bisa mengganggu kualitas tidur si kecil, misalnya dengan mencari tahu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi maupun gangguan tidur lainnya. Untuk memaksimalkan proses penyembuhan dan menjaga klondisi tubuhnya tetap sehat, berikut tips untuk menjaga kualitas tidur si kecil, yuk disimak.

Bersihkan tubuh bayi sebelum tidur

Kondisi tubuh bayi yang kotor, berkeringan atau panas sebelum tidur akan membuat kualitas tidurnya menurun. Hal ini karena kondisi tubuh yang kotor akan berpotensi membuat kondisinya kurang nyaman selama beristirahat sehingga membuat si kecil sering terbangun di malam hari. Untuk itu, ibu bisa memandikan si kecil sebelum beristirahat dengan air hangat, atau jika tidak memungkinkan cukup bersihkan tubuhnya dengan lap basah dan ganti baju bayi dengan baju yang sudah tercuci bersih dan kering.

Lakukan pijat ringan untuk membuat tubuhnya lebih rileks

Jika memungkinkan, ibu bisa melakukan pijat ringan untuk membuat tubuh si kecil merasa lebih rileks sebelum tidur. Gunakan lotion bayi atau minyak khusus untuk bayi yang bisa memberikan rasa hangat agar tubuhnya merasa lebih nyaman. Lakukan gerakan-gerakan yang ringan dan tidak membahayakan, serta pastikan tekanan yang Anda berikan tidak membuat si kecil merasa kesakitan.

Tempatkan di kamar yang sejuk

Salah satu hal yang paling penting untuk menjaga kualitas tidur si kecil adalah dengan memastikan ruangan tempat ia beristirahat cukup sejuk dan tidak panas. Kondisi kamar yang panas akan membuat si kecil lebih mudah kehilangan cairan dan tentu akan membuat dirinya menjadi lebih rewel. 

Perhatikan tingkat penerangan lampu kamar tidurnya

Selain kondisi ruangan yang sejuk, ibu juga harus mempertimbangkan kondisi penerangan di kamarnya. Gunakan lampu kamar yang redup ketika ia tertidur. Lampu kamar yang redup akan membantu dirinya tidur lebih lelap sekaligus melatih si kecil tertidur dengan kondisi kamar yang redup dibandingkan terang hingga ia dewasa.

Pastikan bayi tertidur di jam yang sudah seharusnya 

Selain langkah di atas, ibu juga harus menjaga pola dan jam tidur si kecil. Ajaklah si kecil untuk beristirahat dijam yang sama dan sesuai setiap hari dan jagalah pola tersebut secara teratur.

Pastikan si kecil tidur dalam keadaan kenyang.

Sebelum si kecil tidur, ibu juga harus memastikan ia tertidur dalam keadaan kenyang. Untuk itu, susui si kecil dengan takaran yang cukup, sehingga ia tidak merasa lapar maupun terlalu kenyang.


Itu dia beberapa tips untuk mejaga kualitas tidur si kecil. Pastikan kualitas tidur bayi Anda tetap baik, terutama saat ia sedang sakit. Jika ibu sedang mencari cara terbaik dalam proses penanganan sakit si kecil seperti cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, ibu bisa mengunjungi laman berikut untuk mendapatkan info dan cara penanganan terbaik https://lemihealth.id/artikel/5-cara-efektif-atasi-hidung-tersumbat-pada-bayi. Jangan sampai, kualitas tidur yang buruk nantinya mengganggu tumbuh kembang sehingga proses pertumbuhannya menjadi kurang maksimal.